Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seni Kuda Kepang / Kuda Lumping

     Selamat berjumpa kembali para pembaca yg budiman :) dikesempatan ini akan berbagi tentang salah satu seni rakyat yaitu seni kuda kepang atau jaranan dalam bahasa indonesia disebut juga kuda lumping. seni kuda lumping berasal dari suku jawa di indonesia, sebagai hiburan rakyat saat mengadakan pesta dusun atau desa serta acara - acara lainnya yg memungkinkan pementasan acara ini. sampai sekarang juga masih banyak group atau kelompok - kelompok seni kuda lumping yg masih aktif jika diminta untuk mengadakan pementasan.

     Kuda lumping juga secara jenis bisa berbeda tergantung asal muasal daerah yg mereka pelajari. dari mulai jenis lagu, alat pelengkap yg digunakan, pakaian pendukung dan lain - lain. namun satu kesamaan yaitu sama - sama menggunakan properti kuda yg terbuat dari anyaman tertentu. jauh dari asalnya di pulau jawa, kuda lumping juga berkembang di pulau lain di indonesia. ini di karenakan orang jawa juga banyak menyebar dipelosok nusantara ini serta masih ingin melestarikan budaya dari leluhur mereka masing - masing.

     Pada bagian artikel bawah akan mimin share salah satu jenis kuda lumping yg masih aktif dalam pementasan hingga kini. ada keunikan dari kuda lumping ini yaitu adanya alat musik yg dipakai terdapat angklung dimana alat musik ini juga sangat umum dikenal dalam seni musik. karena adanya alat musik angklung ini maka group ini menamainya dengan seni kuda kepang angklung, sebab kita ketahui tidak semua kuda lumping menggunakan alat musik angklung :)

     Bagi yg penasaran atau memang hobby melihat pertunjukan seni kuda lumping silahkan play saja video dibawah ini untuk menyaksikan salah satu jenis kuda lumping angklung. terimakasih telah berkunjung tetap lestarikan budaya, mohon maaf atas kesalahan dan sampai berjumpa dilain waktu dan kesempatan :)  -- goodluck --

Saat pementasan akan dimulai.
Seni Kuda Kepang / Kuda Lumping

Video 1

Video 2

Video 3

Video kuda lumping yg tidak memakai angklung
Petani Signal
Petani Signal Sekedar Hobby :)) Belajar dan berbagi informasi.

Post a Comment for "Seni Kuda Kepang / Kuda Lumping"